Kemendikbud Umumkan Format USBN 2018 untuk SD-SMP-SMA-SMK

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengumumkan format Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) terbaru untuk tahun 2018 bagi jenjang SD, SMP, SMA dan SMK.

Untuk USBN jenjang SD, Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan 75-80 persen soal akan disiapkan oleh guru mata pelajaran pada satuan pendidikan. Rumusan soal itu lalu dikonsolidasikan dengan Kelompok Kerja Guru (KKG).

Dia menambahkan USBN jenjang SD di tahun 2018 hanya mengujikan tiga mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika. Sebanyak 90 persen soal akan berjenis pilihan ganda, dan 10 persen berbentuk esai.


“Perakitan soal USBN 100 persen dilaksanakan guru-guru mata pelajaran di tingkat KKG atau Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP),” kata Muhadjir dalam siaran pers Kemendikbud, pada Rabu (10/1/2018).

Menurut dia, sudah cukup lama guru tidak terbiasa membuat alat evaluasi hasil belajar sendiri. Karena itu, pada Februari mendatang, Kemendikbud akan menggelar pelatihan bagi guru-guru level KKG dan MGMP kabupaten/kota untuk menyusun soal-soal ujian sebagai alat evaluasi belajar siswa.

"Kita ingin guru semakin memahami tentang standar isi, standar evaluasi, terutama kompetensi lulusan yang diharapkan. Bukan sekadar apa yang diajarkan guru, tapi apa yang harus dimiliki oleh siswa saat dinyatakan lulus," kata Muhadjir.

Kepala Balitbang Kemendikbud Totok Suprayitno menambahkan, untuk naskah soal ujian pelajaran siswa SD lainnya, seperti PPKN, IPS, Seni Budaya dan Keterampilan, serta Penjaskes dan Olah raga, seluruhnya akan disiapkan pihak sekolah masing-masing.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kemendikbud Umumkan Format USBN 2018 untuk SD-SMP-SMA-SMK"

Post a Comment

https://rawcdn.githack.com/julichansaputro/Agushery/c4e36c5e11918664c0f7321b6b38d0f906fe4308/agus hery.js https://raw.githack.com/julichansaputro/Agushery/master/agus hery.js