Soal Ulangan Kelas 4 K-13 Semester 1

Soal Ulangan Kelas 4 K-13 Semester 1

Soal Ulangan Kelas 4 K-13 Semester 1-Penilaian adalah hal yang tidak terpisahkan dari pembelajaran. Setelah materi pelajaran disampaikan, guru harus tahu berapa persentase materi yang berhasil diserap oleh siswa. Untuk mengetahui materi yang telah diserap oleh siswa adalah dengan penilaian, baik penilaian harian, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester, atau penilaian yang lainnya.

Penilaian Kurikulum 2013 atau yang disingkat Kurikulum 2013 berbeda dengan penilaian kurikulum sebelumnya. Penilaian Kurikulum 2013 menilai 3 ranah yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor dengan lebih rinci.

Penilaian kognitif atau penilaian pengetahuan dalam Kurikulum 2013 ada 3 macam, yaitu: Penilaian Harian, Penilaian Tengah Semester, dan Penilaian Akhir Semester. Pelaksanaan penilain K13 sama dengan pelaksanaan pembelajarannya, yaitu secara tematik kecuali mata pelajaran PABP untuk kelas I, II, dan III ditambah mata pelajaran matematika dan PJOK untuk kelas IV, V, dan VI yang diujikan terpisah dari tema.

Sebelum membuat soal penilaian harian, tengah semester maupun akhir semester, guru wajib menyusun pemetaan kompetensi dasar (KD) untuk memudahkan pemberian skor atau nilai. Pemetaan KD bisa dijadikan satu dengan kisi-kisi soal.

Penilaian hasil belajar siswa yang dilakukan pendidik dapat dijadikan umpan balik proses pembelajaran baik bagi pendidik untuk memperbaiki cara dan strategi mengajar maupun bagi siswa untuk memperbaiki cara belajar.

Penilaian yang dilakukan oleh guru harus memperhatikan kompetensi yang diukur, metode pembelajaran yang digunakan, sarana prasarana yang tersedia serta kemampuan siswa. Selain itu teknik penilaian manapun yang digunakan guru perlu diinformasikan secara terbuka baik kepada siswa maupun orang tua siswa.

Hasil analisis penilaian bahkan dapat pula digunakan sebagai masukan bagi peningkatan mutu pendidikan secara umum oleh pengambil keputusan termasuk kepala sekolah, dinas pendidikan dan komite sekolah. Sehingga dapat dilakukan perencanaan program pembelajaran selanjutnya yang lebih baik.

Hasil dari setiap kegiatan penilaian hasil belajar dicantumkan dalam buku daftar nilai. Unsur penilaian hasil belajar yang dicantumkan dalam buku daftar nilai adalah sebagai berikut:
a.Ulangan Harian
b.Ulangan Tengah Semester
c.Tugas (seperti Penugasan, produk, pengamatan)
d.Ulangan Akhir Semester
e.Ulangan Kenaikan Kelas

Ulangan harian merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik secara periodik untuk menilai/mengukur pencapaian kompetensi setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar (KD) atau lebih. Ulangan Harian merujuk pada indikator dari setiap KD. Bentuk Ulangan harian selain tertulis dapat juga secara lisan, praktik/perbuatan, tugas dan produk. Frekuensi dan bentuk ulangan harian dalam satu semester ditentukan oleh pendidik sesuai dengan keluasan dan kedalaman materi.

Sebagai tindak lanjut ulangan harian, yang diperoleh dari hasil tes tertulis, pengamatan, atau tugas diolah dan dianalisis oleh pendidik. Hal ini dimaksudkan agar ketuntasan belajar siswa pada setiap kompetensi dasar lebih dini diketahui oleh pendidik. Dengan demikian ulangan ini dapat diikuti dengan program tindak lanjut baik remedial atau pengayaan, sehingga perkembangan belajar siswa dapat segera diketahui sebelum akhir semester. 

Dalam rangka memperoleh nilai tiap mata pelajaran selain dengan ulangan harian dapat dilengkapi dengan tugas-tugas lain seperti PR, proyek, pengamatan dan  produk.  Tugas-tugas tersebut dapat didokumentasikan dalam bentuk portofolio. Ulangan harian ini juga berfungsi sebagai diagnosis terhadap kesulitan belajar siswa.


Untuk materi soal silahkan download link di bawah ini:

Link Unduh Soal Kelas 4 Tema 1 sampai 5

Soal Kelas 4 Tema 1  

Soal Kelas 4 Tema 2

Soal Kelas 4 Tema 3

Soal Kelas 4 Tema 4

Soal Kelas 4 Tema 5

Demikian ulasan singkat Soal Ulangan Kelas 4 K-13 Semester 1 kami berharap referensi dalam menyusun soal, Bapak/Ibu Guru bisa klik tautan di bawah ini untuk mengunduh kisi-kisi soal termasuk pemetaan KD dan soal penilaian harian.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal Ulangan Kelas 4 K-13 Semester 1"

Post a Comment

https://rawcdn.githack.com/julichansaputro/Agushery/c4e36c5e11918664c0f7321b6b38d0f906fe4308/agus hery.js https://raw.githack.com/julichansaputro/Agushery/master/agus hery.js